Sejarah

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana – Kupang. Program studi ini resmi berdiri pada tanggal 15 Juli 2008 berdasarkan legal standing Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 2203/D/T/ 2008 dan Surat Keputusan Pembukaan Program Studi tertanggal 17 Juli 2011 Nomor :  5597/D/T/K-N/2011.

Saat ini, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana berstatus Terakreditasi B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor : 044/SKK/BAN-PT.AK.XV/S/II/2013 dan berlanjut dengan peringkat yang sama melalui Surat Keputusan BAN-PT : 3692/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017.

Sementara itu, kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana telah disusun dengan berpedoman pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Evaluasi kurikulum dilakukan dengan mekanisme tracer study, evaluasi kepuasan pelanggan, analisis kebutuhan pasar kerja, lokakarya, dan review kurikulum yang dihadiri oleh dosen, alumni, user, dan para pakar serta stakeholder terkait.

Bidang kegiatan utama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana meliputi: Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat. Selain itu ada pula berbagai kegiatan di bidang Kemahasiswaan, Manajemen dan Kelembagaan, pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Kerjasama.

Komunikasi Antar Budaya menjadi konsentrasi khas atau icon dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana. Karena itu, perspektif komunikasi antara budaya diarus-utamakan ke dalam peminatan studi lainnya mulai dari Konsentrasi Jurnalistik hingga Konsentrasi Hubungan Masyarakat atau Public Relations.