Kenapa Memilih Kami

Program studi Akuntansi dibuka berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 315/E/O/2012 tanggal 15 September 2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi (S1) pada Universitas Nusa Cendana. Saat ini Prodi Akuntansi FEB Undana mendapatkan akreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 0228/BAN-PT/Akred/S/I/2017. Saat ini jumlah mahasiswa Program Studi Akuntansi berjumlah 891 mahasiswa (Data per Februari 2021) dengan jumlah dosen pengajar adalah 18 Dosen serta didukung dosen Luar Biasa dari beberapa Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia dan Praktisi dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI, Inspektorat Provinsi NTT dan berbagai organisasi Bisnis dan non profit lainnya.

Prodi Akuntansi mempunyai staf pengajar yang berdedikasi dan memiliki kompeten di bidang Akuntansi Sektor public, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Audit dan Perpajakan.

 

  1. Kurikulum Pendidikan

Kurikulum Prodi Akuntansi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di Prodi Akuntansi. Kurikulum ini disusun dengan upaya mendukung tercapainya tujuan pendidikan, terlaksananya Misi dan terwujudnya Visi Prodi, yakni “Menjadi Pusat Studi Akuntansi berorientasi global yang berbasis lahan kering kepulauan Tahun 2025”.

Kurikulum Prodi Akuntansi juga dirancang mengikuti pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan soft skills (keterampilan kepribadian dan perilaku) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Pencapaian hasil pembelajaran dari kurikulum Prodi Akuntansi dikelompokkan dalam capaian pembelajaran Prodi dan capaian pembelajaran ciri Perguruan Tinggi (PT) dan Umum, dan tercermin dari standar kompetensi lulusan Prodi Akuntansi yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

 

  1. Staf Pengajar

Semua dosen Prodi Akuntansi berpendidikan (terakhir) S2 dan S3 bidang keahliannya sesuai dengan Kompetensi Dasar. Dosen Prodi Akuntansi bukan hanya berasal dari Universitas Nusa Cendana, tetapi juga diambil dari praktisi yang berasala dari BPKP Perwakilan Provinsi NTT, BPK Perwakilan Provinsi NTT, KPP Pratama Kupang dan beberapa dosen diluar Universitas Nusa Cendana

Berbagai pelatihan dan sertifikasi yang telah dikuasai unt dosen prodi Akuntansi antara lain: sertifikasi Chartered Accounting (CA), Forensic Audit (CFrA), dan sertifikasi pengadaan barang dan jasa. Sertifikasi tersebut mendukung kompetensi para dosen Prodi Akuntansi untuk memberikan ilmu bagi mahasiswa Prodi Akuntansi.

 

  1. Sarana Prasarana

Sarana dan prasarana dalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang berimplikasi pada mutu pendidikan. Oleh karena itu Prodi Akuntansi juga memberikan perhatian khusus terhadap sarana dan prasarana perkuliahan, yakni:

  1. Menyediakan fasilitas pembelajaran seperti LCD, papan tulis dan spidol, sehingga aktivitas perkuliahan dapat berjalan dengan lebih baik.
  2. Jaringan internet yang memadai termasuk di ruang kuliah, yang menunjang kegiatan perkuliahan.
  3. Ruang dosen sekaligus ruang konsultasi mahasiswa sehingga proses konsultasi dapat berjalan dengan
  4. Laboratorium yang berskala nasional yang digunakan untuk pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sertifikasi Akuntan yang dilaksanakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.
  5. Perangkat komputer dan printer serta lemari-lemari arsip untuk membantu kelancaran proses akademik dan kerapihan pengarsipan
  6. Ruang perpustakaan yang berisi buku-buku teks, jurnal dan hasil-hasil penelitian bidang akuntansi atau bidang lain yang relevan, yang dikelola oleh Prodi dan dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen setiap jam kerja. Ruang perpustakaan ini dapat menambah referensi dosen dan mahasiswa sehingga pembaruan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dapat diikuti secara terus
  7. Untuk kegiatan praktikum tersedia laboratorium akuntansi yang dilengkapi dengan komputer dan LCD, yang dapat digunakan untuk kegiatan perkuliahan, praktikum, pengolahan data penelitian mahasiswa dan dosen, penyusunan tugas akhir mahasiswa, serta sebagai Pusat Pengembangan

 

  1. Taman Baca

Taman Baca yang menyediakan koleksi buku-buku, jurnal, yang relevan dengan program studi Akuntansi. Ruangan Taman Baca dilengkapi dengan internet yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa.

 

Kontak

Program Studi Akuntansi

Email: akuntansi.feb@undana.ac.id